Asal Mula Kehidupan

Wah, jadi anak fisioterapi lumayan berat juga. Hal pertama yang harus kita lakukan ya belajar biologi. Jujur saja, aku pun belum mempersiapkan apa-apa untuk masuk kuliah besok September, apalagi untuk belajar. Nah, mulai saja yuk! Aku mau posting tentang biologi kedokteran, materinya asal mula kehidupan. Ini dia!
1. Teori Abiogenesis (Generatio Spontanea)
Bahwa makhluk hidup berasal dari benda mati begitu saja secara spontan. Dikemukakan oleh Aristoteles.
2. Teori Omne Vivum ex Ovo (Biogenesis)
Bahwa makhluk hidup berasal dari makhluk hidup juga. Dikembangkan oleh Fransisco Redi, Lazarro Spallanzani, dan Louis Pasteur.
3. Teori Biologi Modern
Bahwa makhluk hidup berasal dari NH3, H2, dan H2
O yang karena pengaruh aliran listrik, halilintar, radiasi sinar kosmos mengadakan reaksi kimia membentuk zat hidup. NH3, H2, dan H2O  dialiri bunga api listrik membentuk asam amino yang merupakan bahan dasar protein yang dapat menghasilkan kehidupan. Teori ini diperkuat Stanley Miler.
Oparine dan Haldane menyatakan bahwa reaksi kimia terjadi di lautan lepas dan panas tinggi. Reaksi kimia ini membentuk uap yang berisi bahan-bahan organik. Makhluk hidup berasal dari CH4, NH3, H2, H2O menghasilkan asam amino, karena lingkungan berubah menjadi tumbuhan bersel.
Organisasi kehidupan saat ini berasal dari agregasi makhluk yang ada dan prosesnya sangat lama. Biosfer merupakan dunia kehidupan sekitar kita yang merupakan suatu sistem. Sedangkan organisasi merupakan komponennya, disebut sub sistem.
Dalam Biosfer berlaku:
Hukum termodinamik I : Dalam biosfer tidak ada energi yang hilang, yang ada hanyalah energi berubah bentuk.
Hukum termodinamik II : Jika suatu sistem dibiarkan berdiri sendiri maka sistem cenderung mengalami perusakan berat tetapi stabil.
Jadi organisme jika dibiarkan akan hancur tapi akan tetap karena mempertahankan diri. Organisme pun bisa bekerjasama membentuk suatu koloni, dari bersel satu menjadi bersel banyak, dari uniseluler menjadi multiseluler.